cool hit counter

PDM Kabupaten Ende - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Ende
.: Home > Pendidikan

Homepage

Profil SMA Muhammadiyah Ende

 

Melalui pendidikan  manusia dapat menjual tabir kehidupan sekaligus dapat menempatkan diri sebagai subjek dalam setiap pembahas baik cultural maupaun structural. Pendidikan merupakan asset yang paling strategis dalam menentukan perkembangan manusia sebagai insan yang paling mulia, oleh sebab itu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah merupakan kepedulian seluruh masyarakat bangsa.
 
Sekolah sebagai lembaga pendidikan berfungsi sebagai pengembang potensi bakat, minat, dan kemampuan siswa menjadi kemampuan akademis (cognitive), kecakapan hidup / keterampilan (psiko motorik), nilai sikap ( efektif). Keberhasilan pengembangan tersebut sangat tergantung pada berbagai piak anatara lain fasilitas, sumber daya dan kualitas pemberdayaan baik intern maupun ekstern sekolah. 



Sejarah Berdirinya SMA Muhammadiyah Ende

Upaya peningkatan layanan pendidikan pada Sekolah Menengah Umum tingkat Atas Swasta bagi  masyarakat Ende dan sekitarnya, maka pada tahun 1970 dibentuk Panitia Pendirian SMA Swasta Muhammadiyah Ende yang terdiri dari : 
1. Bapak H. abdurrahman Nggobe 
2. Bapak H. Ismail Saokori 
3. Bapak H. Mohammad Ndese PM 
4. Bapak A. M. Gasim Zen 
5. Bapak Moh. Anwar 
6. Bapak Mohamad Saokori 
7. Bapak Mohamad Nggobe
 
Panitia tersebut mengajukan permohonan kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTT di Kupang. Alhamdulillah dikabulkan dengan SK 13.8.197. No Set. II / Kabin SMA / 1970 dan pada tanggal 1 Januari 1971 di mulailah kegiatan belajar mengajar dengan jumlah siswa permulaan sebanyak 34 orang. Pimpinan atau Kepala Sekolah adalah bapak M.A. Nggobe, B.Sc.
 
Pertumbuhan kelas jauh tidak mulus masa sulit melilit juga, utamanya masalah tanah dan gedung sekolah. Jumlah murid dan kelas semakin banyak gedung dipergunakan masih bersifat darurat dan tidak memenuhi syarat tingkat SLTA. Keadaan tersebut berlarut hingga tahun 1984 akhirnya bapak H. Abdurrahman Nggobe (alm) dengan kawan-kawan mendirikan sebuah gedung permanen.
 
Atas berkat, rahmad dan ridha Tuhan yang Maha Esa semangat masyarakat  bersama pengelola sekolah serta berpacu dengan berbagai tantangan perubahan jaman, maka SMA Muhammadiyah Ende selalu berbenah diri. Tanah sekolah dari petak ke petak terus dibeli dan diperluas dengan akta tanah seluas 6631 m2 dan pada tahun 2000 telah berstatus sertifikat dengan nomor 1556.
 
 
 
Letak Geografis
 
SMA Muhamamdiyah Ende adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada dalam Pemerintahan Kabupaten Ende dan terletak ± 2 km arah utara Kota Ende Kecamatan Ende Utara Kelurahan Roworena Barat. Dari kota Ende dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor melalui jalan raya Soekarno – Mahoni – Woloare B.

Visi
 
Unggul dalam perestasi, terdepan dalam imtaq, menjunjung tinggi budaya bangsa
 
Misi

- Menyiapkan administrasi secara lengkap
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan efektif serta menyenangkan
- Melaksanakan evaluasi sesuai pendoman evaluasi yang benar
- Meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui pendidikan lanjutan atau latihan-latihan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
- Mengoptimalkan sarana dan prasarana
- Mengembangkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
- Meningkatkan pelakasanaan 7 K secara konsekuen dan ekstrakulikuler yang berkualitas (Pramuka,  Olahraga, Kesenian dan    
   Keterampilan Hidup lainnya ) 
- Menerapkan manajemen partisiptif denganmelibatkan warga sekolah dan stakeholders
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut masing-masing warga sekolah
 
 
Dengan demikian  diharapkan lulusan SMA Muhammadiyah Ende yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (jiwanya), berkemampuan akademis dan berkecakapan hidup / keterampilan optimal (wawasan keilmuan) sehat jasmani, rohani, dan mandiri (PD-nya), bertanggung jawab, berakhlaq mulia / berbudi pekerti luhur ( sikap / action) sehingga mampu bersaing dalam melanjutkan pendidikan pengurus tinggi dan sebagai anggota masyarakat yang baik dalam hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya di alam sekitarnya. 

 
Inilah Tampilan SMA Muhammadiyah Ende ( Sekarang ) :

 



 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website